welcome to my blog

Sabtu, 29 Oktober 2011

WORK

6 GAYA KEPEMIMPINAN

“It took a heart, soul and brains to lead a people”
Itulah pepatah dalam bahasa inggris kurang lebih artinya; “seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan intelektual dan emosional”
        Yup’s itu sebabnya banyak yang bilang tidak semua orang memiliki bakat “leadership” atau kepemimpinan. Tapi bukan berarti kepemimpinan tidak bisa dipelajari, karna kepemimpinan bisa diasah melalui banyak hal.
Tipe” kepemimpinan ada 6, yaitu:
1             VISIONER

Tipe ini memiliki visi dan mampu membimbing orang” kea rah impian bersama

* Cirihya: karena memahawmi bahwa penyebaran pengetahuan adalah rahasia kesuksesan, ia akan membagikannya secara terbuka dan murah hati.
* Kelemahan: ia punya kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain dan memahami sudut pandang mereka.


2             COACHING

        Tipe ini senang memberi bimbinga dan pembelajaran. Ia bisa menghubungkan apa yang diinginkan dengan sasaran organisasi.

*Cirinya : orang dengan tipe ini akan membantu orang lain mengenali kekuatan dan kekurangannya. Ia akan mendorong bawahan dan membantu mereka membuat konsep rencana mancapai tujuan. Ia pandai mendelegasikan tugas” dan member tugas yang menantang pada bawahan, shg bawahan bisa meningkatkan diri, bukan sekedar menyelesaikan tugas. Tipe ini juga bisa berinteraksi pada kegagalan jangka pendek dan memahami bahwa kegagalan dapat memperluas kemampuan bawahan.
*Kelemahan : gaya kepemimpinan ini bisa gagal bila bawahan kurang termotivasi dan terarah dengan baik.

3             AFFILIATE

Tipe ini lebih mengedepankan keharmonisan dan kerjasama antar orang” di dalamnya.

*Cirinya : secara emosi sangat terbuka. Tipe ini juga menghargai orang” dan perasaan mereka. Ia tidak terlalu menekankan pencapaian hasil dan tujuan karena lebih mementingkan emosi bawahan. Ia berusaha membuat orang” senang bekerja dan menciptakan harmoni. Ia juga sangat berempati, menghargai bawahan sbg manusia dan menawarkan dukungan emosional selama masa sulit.
*Kelemahan : gaya ini tdk baik diterapkan sendirian karena bisa membuat kinerja buruk berlangsung tanpa perbaikan dan bawahan menganggap kesalahan bisa ditoleransi.


4             DEMOCRATIC

Mengharagai pendapat atau sudut pandang orang lain sekalipun berbeda adl tipe ini

*Cirnya : ia pendengar yg baik, ia bisa menciptakan perasaan bahwa ia sungguh” ingin mendengarkan pikiran dan kepedulian bawahan. Ia kolaborator sejati, bekerja sbg anggota kelompok & bukan berposisi di atas. Ia juga tau cara meredakan konflik & menciptakan harmoni.
*Kelemahan : tipe ini kurang cocok untuk memimpin rapat karena sikap demokratisnya bisa membuat rapat tak kunjung berakhir.


5             PACESETTING       

Tipe ini selalu member contoh & tindakan dalam pencapaian tujuan.

*Cirinya : memegang teguh & melaksanakan standart kerja tinggi. Bersikap obsesif serta akan menunjuk orang” yang berkinerja buruk, menuntut lebih banyak. Tapi jika tdk ada peningkatan, maka akan dilakukan sendiri.
*Kelemahan : Tipe ini akan membuat bawahan merasa did0rong terlalu keras oleh tuntutan yang terus menerus. Pemimpin ini sering tdk memberi petunjuk yang jelas, akibatnya bawahan akan merasa tdk dipercayai dalam melakukan tugasnya dengan cara sendiri.

6             COMMANDING

Tipe ini selalu bersikap tegas & berani mengambil resiko jika diperlukan, sering disebut dgn tipe intimidasi dengan moto “DO IT BECAUSE I SAY SO”

*Cirinya : Menuntut kepatuhan dari apa yg ia beri, jika bawahan tdk menuruti perintah, ia akan mengancam.
Bukannya mendelegasikan kekuasaan tapi ia malah ingin mengendalikan setiap situasi dgn ketat & teliti.
*Kelemahan : Meski jarang memuji & lebih banyak meng-kritik, ternyata gaya ini tetap bisa memotivasi bawahan dengan baik lohhh….!!!!



***************sekian****************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar